jump to navigation

jaya antea mengaku sebagai hyang santang parabu anom aria cakra buana (gosip di pajajaran) 27 December 2012

Posted by nurkalakalidasa in Uncategorized.
Tags: , , , , , , ,
trackback

seperti yg kita ketahui dalam pantun bogor “ngahiyangna pajajaran” bahwa hyang santang parabu anom aria cakra buana tidaklah mengganti sesembahan dengan yg baru (islam). itu menepis gosip yang beredar bahwa hyang santang masuk islam setelah pulang dari arab.. yang lebih parah lagi ialah gosip hyang santang mau nyunatin ayahnya yaitu prabu siliwangi.. sungguh tidak masuk akal..
bagaimanakah awal mula gosip tersebut beredar?

dalam pantun bogor “dadap malang sisi cimandiri” di jelaskan bahwa yg mengaku-ngaku hyang santang tersebut adalah pengkhianat pajajaran bernama jaya antea yang memang mukanya menyerupai hyang santang:
“JAYA ANTEA, INGET MANTAKNA DIA DITAMPING KU RAJA…? BEUSI DIA ANGGEUS
POHO, JAYA ANTEA; KU DIA GEURA DENGEKEUN; SABAB-SABABNA DIA DITAMPING
KU RAJA…! BARETO DI KARATON PAJAJARAN; AYA NU DIPERCAYA JASA KU RAJA
KAULA…!

RUPANA ETA JELEMA MEH SARUPA JEUNG PRABU ANOM; NYA KITU DEDEGANANA
NEPIEUN LOBA JELEMA KASAMARAN! KU RAJA INYANA DIJIEUN PURAH TARIMA
SEMAH; NU DARATANG TI NAGARA DEUNGEUN; JEUNG DIJIEUN UTUSAN RAJA
MAWA SURAT JEUNG ANTEURAN; KA RAJA-RAJA DI TANAH SABRANG”

jaya antea kemudian dikeluarkan dari kalangan pajajaran karena menghasut rakyat:
“MINGKIN SERING
INDIT NYAANA; NYAO TEUING KAMANA……….!

BEBEJANA KA RAJA MAH; DEUK NGARONDA MARIKSA WATES…! SABAN-SABAN INYANA
MULANG; SOMAH TAMBAH LOBA NU RAROBAH….! MALAH………………………………
GEUS LAIN HIJI DUA DEUI; NU NGALAWAN KA PANGIWA; NGELELEWE KANA ADAT
TALI PARANTI KARUHUN; MALAH AYA NU WARANI; NGUCUT-NGUCUT PAGER PAKARANGAN
ANU SANGAR; JEUNG TI PEUTING MALEDOGAN IMAH PUUN…..!

SAMALAH NYALIARA AYA BEJA; YEN MUN RAJA PAJAJARAN; TERUS BAE
MUMUNJUNG KA MATAPOE; NAGARA PAJAJARAN BARIS LEBUR KAHURU; BARIS
KALAPARAN EUWEUH TUMBALNA…! CANH TUMBAL HIJI-HIJINA NYAETA RAJA MUDU
DISUNDATAN, JEUNG SOMAH SAKABEHNA MUDU NGUCAP HIJI MANTRA NU BASANA
LAIN BASA PAJAJARAN………..!!!!!!!!!!

TAPI SAENYANA MAH; CEUK NU NYAHO RAHASIAHNA; ETA MANTRA TEA; DINA
HARTINA SABENERNA SARUA BAE JEUNG “M A N T R A P A J A J A R A N…!”
BEDA SOTEH ; NGAN WUNGKUL DINA PETANA ! JELEMA ANU NYIEUN SOMAH
PADA RAROBAH; JADI DANGKA KA RAJANA; JEUNG MARICEUN TALI PARANTI
KARUHUN; KU RAJA TEH KANYAHOAN…!

NYAHO DIA JAYA ANTEA ! SAHA NGARANA ETA JELEMA ? TAPI RAJA
PAJAJARAN; RAJA ADIL, RAJA SABAR…! JELEMA ANU JULID TEA; ANU NGOJOK-NGOJOK
SOMAH JARADI DANGKA; KU RAJA HANTEU DIHUKUM; TAPI DITAMPING;
DIKALUARKEUN TINA KALANGAN BANGSA PAJAJARAN…!

setelah dikeluarkan tadi jaya antea kemudian bergabung dengan orang sebrang di muhara cihaliwung.
INYANA KUDU INDIT KALUAR NINGGALKEUN DAYEUH JEUNG NAGARA, JEUNG
HANTEU DIAKU DEUI, TAPI DIASUPKEUN JADI KAWULA; KEUNA KALANGAN
LAIN BANGSA SUNDA PAJAJARAN.

NYAHO DIA JAYA ANTEA; SAHA NGARANNA ETA JELEMA ? JELEMA ETA
JAYA ANTEA LAJU INDIT, NINDAKNA KA PAHILIRAN, KA MUHARA CIHALIWUNG
SEJANA DEUK CICING DI BATUR-BATURNA; NU ASALNA TI TANAH SABRANG…!

setelah itu dia mengaku-ngaku sebagai hyang santang yang kabur dari keraton.. karena mirip, banyak yang percaya, ditambah lagi hyang santang sedang berkelana..
“KUSABAB DINA RUPA JEUNG DEDEGANANA MEH SARUA JEUNG PRABU ANOM;
NYA KARUHAN ANU HANTEU TARENGET MAH; PADA PERCAYA KA ANU MAJARKEUN
YEN INYANA TEH “PRABU ANOM PAJAJARAN ANU LOLOS TI KARATON” ….. ”

“KUSABAB DITAMPINGNA; MARENGAN DI
JERO WAKTU; SANG HYANG SANTANG KEUR NGALALANA;”

NYA ANU HANTEU NYAHOEUN MAH; MARUKNA BENER BAE JAYA ANTEA TEH;
PARABU ANOM PAJAJARAN ANU SAESTUNA

kemudian dua puluh kali seren taun ada yg bawa dia nyebrang ke tanah arab sambil ngaku-ngaku kalo dia itu hyang santang putra pajajaran:
“DUA PULUH KALI SEREN TAUN; JAYA ANTEA TEU KATEMBONG KABEJAKEUN;
SABAB CEUK NU NYARAHO MAH; INYANA AYA NU MAWA; KA SABRANG KA TANAH
ARAB; BARI NGAKU2 “HYANG SANTANG PUTRA RAJA PAJAJARAN….!!!”

setelah pulang dari arab, jaya antea kemudian ada di keraton banten dan mengeluarkan pernyataan ingin menaklukan prabu sepuh siliwangi pajajaran:
“DINA SEREN TAUN KA TUKANG; AYA BEJA TI PALUARAN; YEN KARATON RAJA
BANTEN; DATANG RADEN SANTANG PRABU ANOM; NU MULANG TI TANAH ARAB
JEUNG SEJA DEUK NAKLUKEUN PRABU SEPUH; SILIWANGI PAJAJARAN…!!!”

prabu anom sesungguhnya tidaklah mengganti sesembahan (masuk islam) bahkan ikut berperang membela raja:
PRABU ANOM MEMANG MULANG; DATANG DEUI KA PAJAJARAN, BUKTINA:
DINA PERANG DI KIPATAUNAN; HYANG SANTANG MEMANG DATANG; TAPI
PIEUN PERANG BEBELA KA RAJA; PARABU ANOM NU SAESTU NGARANNA
“ H Y A N G S A N T A N G A R I A C A K R A B U A N A ”

nah, jelas sudah bahwa hyang santang yg masuk islam dan ingin nyunatin prabu siliwangi itu adalah fitnah yg di sebarkan oleh jaya antea, yg memang saat itu mudah di percaya oleh orang karena kemiripan fisik jaya antea dengan hyang santang.

setelah pajajaran hancur, hyang santang yg asli dan pengikutnya melarikan diri dan mengganti nama menjadi batara cikal, puun baduy. yg suatu saat akan buka rahasia, tetapi harus bertemu dengan yg nyekel tulak pajajaran dulu yaitu si bocah angon.

rahasia apa yg akan dibuka..? mungkin di tulisan berikutnya akan saya buat bahan penjelasannya..

Comments»

1. Dede Putra Aquarius - 27 December 2012

Hadir nyimak mas Nur🙂

Like

2. satria baja hitam kw 2 - 27 December 2012

waduh nggak ngerti bahasanya kang Nur.. ikut nyimak ajaa.. kali aja ada yang berbaik hati menerjemahkan dalam bahasa indonesia

Like

3. puranindra(putra indramayu) - 3 January 2013

Ikut nyimak deh,,,dikit dikit ngerti tapi ga semuanya

Like

4. RDBN - 4 January 2013

kang nur jangan terlalu di eksposs ….. ntar yang mau jadi satria pinilih malah pada jadi minder karna pada salah kaprah …. heheheh

Like

5. brandon alan scofield - 30 May 2013

info baru
satrio piningit adalah
1. pernah jadi santri pesantren NU
2. memerintah lewat konsep yang dibuat dengan ilmu laduni
3. dia seorang wali
4. ketika tampil berumur 50 tahun lebih tapi mukanya seperti 17 tahun

5. sp didukung oleh kiai pesantren jawa timur dan para pendeta kristen
6. hidupnya penuh penderitaan
7. ……..

Like

Doni Fatah - 5 February 2014

Dia bukan sebatas wali, brandon. Melainkan dia nabi. sp itu adalah nabi isa itu sendiri.

Like

6. Knek - 22 July 2015

Kian santang pernah bertemu sidina ali dan membantu’ya dalam peperangan di cyprus,tripoli dan lain2 pada abad ke 6 sebelum kembali ke tanah air.. Sedangkan kian santang anak prabu siliwangi hidup di abad 15.. Beda hampir seribu tahun gan.. Jadi ini kian santang yg mana

Like

nurkalakalidasa - 26 July 2015

hah… kata siapa tuh om..? :mrgreen:

Like

7. rp - 8 August 2015

abad 6 itu rakean santang
anak raja terakhir tarumanagara masa kerajaan kendan resi manikmaya
kean santang alias raja sengara putra prabu siliwangi
kean santang adalah adik cakrabuana dan rarasantang..
rakean sancang sama kean santang itu berbeda seperti embe sama kuda pastilah tak sama
….hehe

Like


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: