jump to navigation

pantun bogor, cerita dari kejadian yg akan terjadi, bukan hanya cerita dari kejadian yang sudah terjadi 2 November 2018

Posted by nurkalakalidasa in Uncategorized.
Tags: , , ,
trackback

halo pemirsa..,
sudah sekian lama saya tidak menulis lagi di blog, tetapi sempat aktif menulis di beberapa grup fesbuk dan baru – baru ini di akun fesbuk saya sendiri.

sekarang dan kedepannya, saya akan coba membahas tentang pantun bogor dari lima judul pantun bogor yang sudah ada di blog saya.

tersebutkan dalam pantun bogor “pakujajar beukah kembang”:

Pikir sang hiyang dewa kala: “mowal salah deui,
Siya tukang nyariyeunan uga tina kajadian nu geus araya;
Lain tina kajadian-kajadian nu bakal araya!
Hade, kiwari siya ngalelewa dewa kala;
Engke jaga….siya baris mapag-kala lantaran uga……..!”
⚡️⚡️⚡️⚡️⚡️⚡️⚡️⚡️⚡️⚡️⚡️⚡️

artinya :

pikir sang hiyang dewa kala:
“tidak salah lagi,
kalian tukang membuat cerita-cerita dari kejadian-kejadian yang telah terjadi;
bukan dari kejadian-kejadian yang akan terjadi!
baik, sekarang kalian mempermainkan dewa kala;
tapi nanti… kalian akan mapag-kala gara-gara cerita…..!”
=====================

jadi pantun bogor menegaskan akan adanya uga/cerita dari:
1. kejadian yang telah terjadi
2. cerita dari kejadian yang akan terjadi.

selain menceritakan kejadian yang sudah terjadi, pantun bogor juga menceritakan kejadian yang akan terjadi dan inilah keistimewaan pantun bogor.

contohnya:
rakyat akan dipimpin oleh anak dari putri (pulau) dewata yaitu presiden sukarno.
cuplikan pantun bogor “ngahiyangna pajajaran”
👇🏽😎

Laju di urang ngadeg Raja

Jelema namah jelema biasa

Ngan disarebut

Hanteu puguh indung hanteu puguh bapa

Tapi saenyana mah

Memang titisan !

Titisan sukma Raja jaman baheula

Tapi ngindung

Ka Putri Dewata bangsa kadewan

Da puguh titisan Raja

Raja anyar

Hese apes ku rogahala

artinya:
lalu di kita muncul seorang raja (pemimpin)
orangnya mah orang biasa
tetapi disebut gak jelas ibu gak jelas bapak
tetapi sebenernya mah
memang titisan !
titisan sukma raja jaman dahulu kala
tapi memiliki ibu
ke putri dewata bangsa kadewan
karena titisan pemimpin
pemimpin baru
tidak mudah apes oleh perbuatan jahat
👑👑👑👑👑👑👑👑👑👑👑

pembahasan:
tidak jelas ibu, tidak jelas bapak itu untuk sukma yang menitisnya karena secara fisik tersebut anak dari putri (ningrat) pulau dewata.
dan karena titisan sukma raja jaman dahulu kala maka tidak mudah apes oleh perbuatan jahat.

nah secara ekslusif, pantun bogor menegaskan keistimewaan pemimpin baru ini (sukarno) karena sukma yang menitisnya bukan karena turunan secara fisiknya.
mungkin banyak yang telah mengetahui keistimewaan beliau, nah keistimewaan ini khususnya perbawa sukma yang menitis tersebut tidak mungkin diturunkan secara fisik pula kepada anak cucu beliau, tetapi kepada raga dimana sukma raja jaman dahulu tersebut menitis setelah beliau (sukarno).

tentu untuk mengetahui perihal sukma yang menitis ini tidaklah mudah, tersebut dalam pantun bogor harus yang mengetahui rahasia nitis atau yang ketitisan juga pada saat itu (saat bapak sukarno). dalam hal ini apabila menitis di raga yang sekarang harus yang ketitisan juga saat ini.

berikut cuplikan pantun bogor “pakujajar beukah kembang” perihal nitis
👇🏽😎

Kumaha ari nitis?
Nitis teh nya eta:
Jadina manusa anyar atawa jelema anyar
Tapi…..sukma inyana mah,
Sukma ti jati mandala anu kagiliran ngawaruga deui nyawara deui
Diwaktu ngileusna duwa alam
Lantaran tepungna duwa jagat anu
Ngadatangkeun deui hiji jagat genep jamaneun!
Raga anu keur nitis, ngawaruga cara biasa:
Tina cai eujeung apu, jadi orok heula
Tina beuki gede beuki kolot jero wayah anu biasa!
Tapi waruga raga anu nitis, hanteu nyaho sabenerna teh
Inyana…..saaaaaaaha……….?
👉🏽 Memang mowal eudeuk aya anu engeuh, sejen ti arinyana:
Anu nyaho rahsiah nitis….atawa
Nitis sajaman jeung inyana……..!👈🏽
(memang tidak akan ada yang mengetahui, selain daripada:
yang mengetahui rahasia nitis….atau yang nitis sejaman dengannya)
🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝

kembali kepada bab cerita dari kejadian yang akan terjadi, untuk pengkaji pantun bogor mungkin telah banyak menemukan nyatanya kalimat pantun bogor dari kalimat yang tersurat ataupun dari kalimat yang dibungkus bahasa siloka (tersirat) yang merupakan bahasa orang tua dahulu kala.

senada dengan pantun bogor, raja jayabaya dengan jangka jayabayanya selain menceritakan yang sudah terjadi juga termasuk kedalam kategori cerita dari kejadian yang akan terjadi. untuk lebih lanjutnya mengenai isi jangka jayabaya silahkan cari di mbah gugel. tetapi karena sudah gubahan sunan giri prapen untuk keasliannya sudah diragukan, dan dibutuhkan kejelian dan kecermatan untuk menyaring mana kalimat yang sudah dirubah mana yang masih asli dengan tujuan menemukan isi atau esensinya.

yang menarik adalah dimana pembuat cerita dari kejadian yang akan terjadi konon termasuk kedalam derajat “weruh sakdurunge winarah” atau tahu sebelum terjadi.
menurut pengetahuan orang tua jaman dulu, manusia yang masuk ke tahap tahu sebelum terjadi konon tidak tergoda keduniawian atau haweuk duniawi apalagi tipu – tipu.
apabila disamakan dengan yang ketitisan karuhun luhung (mulia) , berikut cuplikan pantun bogor “pakujajar beukah kembang”
👇🏽😎

Jelema anu disurup teh,
Mudu:…
kahiji: montong teuin ka anu sejen,
Ka diri inyana sorangan oge,
Tara ngabohong……………..;
Kaduwa: tara sirik tara jahil,
Tara hasud najan ka susuh;
Katilu: hade lampah hade budi…………..;
Kaopat: pangaweruh jeung pangarti eta jelema teh,
Mudu sapadan pangaweruh jeung pangarti karuhun
Anu saban-saban nyurup ka eta jelema…….!

artinya:
raga yang ketitisan itu,
harus:….
pertama: jangankan ke orang lain, kediri sendiripun tidak pernah berbohong……..;
kedua: tidak pernah sirik tidak pernah jahil, tidak pernah menghasut walaupun (kasusuh?)
ketiga: baik perbuatan, baik budi……;
keempat: pengetahuan dan pemahaman orang tersebut,
harus sepadan dengan pengetahuan dan pemahaman karuhun yang kapan saja menitis ke orang tersebut.

🐅🐅🐅🐅🐅🐅🐅🐅🐅🐅🐅

banyak point-point dalam pantun bogor dan jangka kong jaya yang senada.
contoh 👇🏽😎 :

cuplikan pantun bogor ngahiyangna pajajaran:

Seja arinyana eudeuk reureuh

Eudeuk nyareluk para karuhun

Bari nyararambat ka para Dewa

Sing hate keu-eung dipangnegerkeun

Sing diwanikeun hate nu sieun

Jeung ditangtayunan jero galungan …. !


Abeh

Amun paeh di pangperangan

Jaga bisa ngilu deui

Hutang uyah maray uyah

Hutang jiwa maray jiwa ……. !


Sabab dina marundur

Lain urang Bogor Pajajaran kadesek perang

Tapi perang teh

Apanan sabab manadeh

Hanteu purun dipaksa deungeun

Hanteu sudi ganti sembaheun

Hanteu sudi tukeur pangdeuleu

Hanteu sudi ganti karuhun

Jeung hanteu sudi nurutan adat

Bawa deungeun ti tanah sabrang !

artinya:
dengan niatan mereka mau istirahat
mau (nyareluk?) para karuhun
sambil memanggil para dewa
agar hati yang resah diberi ketegaran
agar hati yang ketakutan diberikan keberanian
dan di restui didalam peperangan….!

agar
kalau gugur dalam peperangan
nanti bisa ikut lagi (dikehidupan berikutnya)
hutang garam bayar garam
hutang jiwa bayar jiwa…!

sebab dalam mundurnya
bukan urang bogor pajajaran terdesak perang
tapi perangnya
kan karena manadeh (konsisten)
tidak mau dipaksa orang lain
tidak sudi ganti yang disembah
tidak sudi tukar pengelihatan
tidak sudi ganti karuhun
juga tidak sudi ikut-ikutan adat dari tanah seberang!
🐯🐯🐯🐯🐯🐯🐯🐯🐯🐯🐯🐯

hal senada tentang “waktu/saat/hari pembalasan” dari kalimat pantun bogor hutang garam bayar garam, hutang jiwa bayar jiwa dalam jangka kong jaya 👇🏽😎

159. selet-selete yen mbesuk ngancik tutup ing tahun sinungkalan dewa wolu, ngasta manggalaning ratu bakal ana dewa ngejawantah apeng awak manungsa apa surya padha bethara Kresna watak Baladewa agegaman trisula wedha jinejer wolak-waliking zaman wong nyilih mbalekake,wong utang mbayar utang nyawa bayar nyawa utang wirang nyaur wirang

– “selambat-lambatnya kelak menjelang tutup tahun(sinungkalan dewa wolu, ngasta manggalaning ratu) akan ada dewa tampil berbadan manusia berparas seperti Batara Kresna berwatak seperti Baladewa bersenjata trisula wedha tanda datangnya perubahan zaman orang pinjam mengembalikan, orang berhutang membayar, hutang nyawa bayar nyawa hutang malu dibayar malu”
🐅🐅🐅🐅🐅🐅🐅🐅🐅🐅🐅🐅🐅🐅
dan masih banyak lagi persamaan kalimat antara pantun bogor dan jangka kong jaya.

pointnya akan ada naskah yg hanya menceritakan peristiwa yg telah terjadi tanpa menceritakan kejadian yg akan terjadi, yg sudah tentu tidak bisa disetarakan atau direndengkan dengan pantun bogor yang memiliki point dari kejadian yg akan terjadi tersebut.
karena tidak sembarang orang mampu memiliki kemampuan tau sebelum terjadi tersebut dan bisa dipastikan tanpa kebohongan.

apabila pemirsa ingin menambahkan persamaan pantun bogor dengan jangka kong jaya, ataupun melengkapi translate kalimat diatas, dipersilahkan 😊🙏🏼

sampai jumpa pada tulisan berikutnya 👋🏽😎

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a comment